Air Conditioner


Sejak munculnya sistem pengkondisian udara otomotif di tahun 1940-an, banyak hal telah mengalami perubahan yang luas. Perbaikan, seperti kontrol suhu terkomputerisasi otomatis (yang memungkinkan Anda untuk mengatur suhu yang diinginkan dan memiliki sistem yang mengatur secara otomatis) dan perbaikan daya tahan keseluruhan, telah menambahkan kompleksitas untuk sistem pengkondisian udara modern masa kini.

Untuk menambah komplikasi, kita sekarang memiliki peraturan lingkungan hidup sulit yang mengatur sangat sederhana tugas, seperti mengisi ulang sistem dengan R12 pendingin biasanya disebut sebagai freon ® (freon adalah nama dagang untuk refrigeran R-12, yang diproduksi oleh DuPont). studi yang ekstensif ilmiah telah membuktikan efek yang merusak dari refrigeran ini lapisan ozon kita, dan pembuatannya telah dilarang oleh AS dan negara-negara lain yang telah bergabung bersama untuk menandatangani Protokol Montreal, perjanjian penting yang diperkenalkan pada tahun 1980-untuk membatasi produksi dan penggunaan bahan kimia yang dikenal untuk menguras lapisan ozon.

Haruskah masalah besar timbul dari AC Anda, Anda mungkin menemukan istilah baru. Kata-kata seperti "retrofit" dan "refrigeran alternatif" sekarang dalam glossary mekanika Anda. Anda mungkin diberi pilihan "perkuatan", dibandingkan dengan hanya memperbaiki dan pengisian kembali dengan freon. Retrofitting melibatkan membuat perubahan yang diperlukan untuk sistem anda, yang akan memungkinkan untuk menggunakan industri baru diterima, "ramah lingkungan" refrigeran, R-134a. Ini refrigeran baru memiliki tekanan operasi yang lebih tinggi, karena itu, sistem anda, tergantung pada usia, mungkin memerlukan bagian yang lebih besar atau lebih kuat untuk melawan karakteristik yang melekat pada tekanan tinggi. Hal ini, pada beberapa kasus, akan menambah secara signifikan untuk biaya akhir perbaikan. Dan jika tidak dilakukan dengan benar, dapat mengurangi efisiensi pendinginan yang setara dengan biaya operasional yang lebih tinggi dan kenyamanan berkurang.

Aliran Diagram AC Kendaraan yang ditemukan memiliki terutama tiga jenis sistem pendingin udara. Sementara masing-masing tiga tipe berbeda, konsep dan desain yang sangat mirip satu sama lain. Komponen yang paling umum yang membuat sistem ini otomotif adalah sebagai berikut:

KOMPRESOR, KONDENSOR, EVAPORATOR, TUBE orifice, VALVE EKSPANSI THERMAL, RECEIVER-kering, AKI. Catatan: jika mobil Anda memiliki tabung Orifice, itu tidak akan memiliki Thermal Expansion Valve sebagai kedua perangkat melayani tujuan yang sama. Juga, Anda akan memiliki Receiver-pengering atau aki, tapi tidak keduanya.


KOMPRESOR

Sering disebut sebagai jantung dari sistem, kompresor adalah pompa digerakkan sabuk yang diikat ke mesin. Kompresor bekerja untuk mengompresi dan mentransfer gas refrigeran.
A / C sistem terbagi menjadi dua sisi, sisi tekanan tinggi dan sisi tekanan rendah; didefinisikan sebagai discharge dan suction. Karena pada dasarnya kompresor pompa, ia harus memiliki sisi asupan dan sisi discharge. Asupan, atau sisi isap, menarik dalam gas refrigeran dari outlet evaporator. Dalam beberapa kasus hal ini ini melalui akumulator.
Setelah refrigeran ditarik ke sisi isap, hal ini dikompresi dan dikirim ke kondensor, di mana ia kemudian dapat mentransfer panas yang diserap dari dalam kendaraan (ruang interior).


KONDENSOR

Kondensor adalah daerah/tempat di mana pembuangan panas terjadi. kondensor, dalam banyak kasus, akan memiliki banyak penampilan yang sama seperti radiator pada mobil Anda. Kondensor ini dirancang untuk memancarkan panas. Lokasinya biasanya di depan radiator, namun dalam beberapa kasus, karena perbaikan aerodinamis ke badan kendaraan, lokasinya mungkin berbeda. Kondensor harus memiliki aliran udara yang baik setiap saat ketika sistem beroperasi. Pada kendaraan penggerak roda belakang, ini biasanya dicapai dengan mengambil keuntungan dari kipas mesin pendingin yang ada. Pada kendaraan penggerak roda depan, kondensor aliran udara dilengkapi dengan satu atau lebih kipas pendingin listrik (kipas otomatis).
Sebagai gas dikompresi panas dimasukkan ke bagian atas kondensor, lalu mendingin. Sebagai gas mendingin, itu mengembun dan keluar dari bawah kondensor sebagai cairan tekanan tinggi.


EVAPORATOR

Terletak di dalam kendaraan, evaporator berfungsi sebagai komponen penyerapan panas. evaporator ini menyediakan beberapa fungsi. tugas utamanya adalah untuk menghilangkan panas dari bagian dalam kendaraan Anda. Satu manfaat sekunder adalah dehumidification. Seperti udara yang lebih hangat melalui sirip aluminium kumparan evaporator pendingin, uap air yang terkandung di udara mengembun pada permukaannya. Debu dan serbuk sari melewati menempel pada permukaan basah dan mengalirkan ke luar. Pada saat kondisi/suhu lembab Anda mungkin telah melihat ini sebagai air menetes dari bagian bawah kendaraan Anda. Yakinlah ini adalah normal.
Suhu evaporator ideal adalah 32 ° Fahrenheit atau 0 ° Celcius. Refrigerant memasuki bagian bawah evaporator sebagai cairan tekanan rendah. Udara hangat yang melewati sirip evaporator menyebabkan refrigeran mendidih (refrigeran memiliki titik didih yang sangat rendah). Sebagai pendingin mulai mendidih, dapat menyerap sejumlah besar panas. Panas ini kemudian dibawa dengan refrigerant ke luar kendaraan. Beberapa komponen lainnya bekerja sama dengan evaporator. Sebagaimana disebutkan di atas, suhu yang ideal untuk kumparan evaporator 32 ° F. Suhu dan perangkat pengatur tekanan harus digunakan untuk mengendalikan suhu. Meskipun ada banyak variasi perangkat yang digunakan, fungsi utama mereka adalah sama; menjaga tekanan di evaporator rendah dan menjaga evaporator dari pembekuan; Sebuah kumparan evaporator beku tidak akan menyerap banyak panas.


MENGATUR TEKANAN PERANGKAT

Mengontrol suhu evaporator dapat dicapai dengan tekanan refrigeran mengontrol dan mengalir ke evaporator. Banyak variasi tekanan regulator telah diperkenalkan sejak 1940-an. Tercantum di bawah ini, yang paling sering ditemukan.
Lubang TUBE
Tabung orifice, mungkin yang paling umum digunakan, dapat ditemukan di sebagian besar GM dan model Ford. Hal ini terletak di inlet tabung evaporator, atau di garis cair, di suatu tempat antara outlet kondensor dan evaporator inlet. Hal ini dapat ditemukan dalam sistem yang sebenarnya berfungsi dengan menempatkan daerah antara outlet kondensor dan inlet dari evaporator yang tiba-tiba membuat perubahan dari panas ke dingin. Anda kemudian akan melihat lesung kecil ditempatkan pada garis yang menjaga tabung lubang agar tidak bergerak. Sebagian besar tabung orifice dalam ukuran yang digunakan saat ini sekitar tiga inci panjang dan terdiri dari sebuah tabung kuningan kecil, dikelilingi oleh plastik, dan ditutup dengan layar filter pada setiap akhir. Hal ini tidak biasa bagi tabung tersebut menjadi tersumbat dengan puing-puing kecil.

EKSPANSI TERMAL VALVE

Katup Ekspansi Termal (TXV, umum digunakan di sistem impor dan aftermarket. Jenis katup ini bisa merasakan suhu dan tekanan, dan sangat efisien dalam mengatur aliran refrigeran ke evaporator. Beberapa variasi katup ini sering ditemukan. Contoh lain dari katup ekspansi termal Chrysler "blok H" jenis. Jenis valve biasanya terletak di firewall, antara inlet outlet evaporator dan tabung dan cair dan garis hisap. Jenis katup, meskipun efisien, memiliki beberapa kelemahan atas sistem tabung lubang. Seperti tabung lubang katup ini dapat menjadi tersumbat dengan puing-puing, tetapi juga memiliki bagian yang bergerak kecil yang mungkin menempel dan kerusakan akibat korosi.

PENERIMA-kering

Penerim merupakan suatu alat digunakan pada sisi yang tinggi dari sistem yang menggunakan katup ekspansi termal. Jenis katup metering memerlukan refrigeran cair. Untuk memastikan bahwa katup mendapat refrigeran cair, penerima digunakan. Fungsi utama dari kering-penerima adalah untuk memisahkan gas dan cairan. Tujuan sekunder adalah membuang kelembaban dan menyaring kotoran. Penerima-kering biasanya memiliki kaca pemandangan di atas. Kaca mata ini sering digunakan untuk mengisi sistem. Dalam kondisi normal, gelembung uap tidak boleh terlihat di kaca mata. Penggunaan kaca penglihatan untuk mengisi sistem ini tidak dianjurkan pada sistem R-134a sebagai mendung dan minyak yang telah dipisahkan dari refrigerant bisa keliru untuk gelembung. Jenis kesalahan dapat menyebabkan kondisi berbahaya bagi keuangan anda. Ada variasi penerima-pengering dan beberapa bahan pengering yang berbeda sedang digunakan. Beberapa kelembaban menghapus Bahan Mencetak Tekstil ditemukan tidak kompatibel dengan R-134a. Jenis pengering biasanya diidentifikasi pada sebuah stiker yang ditempelkan pada kering-penerima. Receiver baru-pengering menggunakan jenis pengering XH-7 dan kompatibel dengan kedua-R 12 dan refrigeran R-134a.

AKI

Akumulator digunakan pada sistem yang mengakomodasi tabung orifice untuk refrigeran meter ke evaporator. Hal ini terhubung langsung ke outlet evaporator dan refrigeran kelebihan cairan. Pemakaian refrigeran cair ke kompresor dapat melakukan kerusakan serius. Kompresor dirancang untuk kompres gas tak cair. Peran utama akumulator adalah mengisolasi compressor dari cairan refrigerant yang merusak kompressor. Akumulator, seperti penerima-pengering, juga menghilangkan kotoran dan kelembaban dari sistem. Adalah ide yang baik untuk menggantikan akumulator setiap kali sistem ini dibuka jika perbaikan besar saja dan kapan saja kelembaban dan / atau puing-puing menjadi perhatian. Kelembaban adalah musuh nomor satu untuk / sistem AC anda. Uap air dalam suatu sistem campuran dengan zat pendingin dan membentuk asam korosif. Jika ragu, mungkin untuk keuntungan Anda  mengubah aki atau penerima dalam sistem Anda. Meskipun ini mungkin ketidaknyamanan sementara bagi dompet Anda, itu adalah manfaat jangka panjang untuk sistem pengkondisian udara Anda.

No comments:

Post a Comment